ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS KOROSI PERBANDINGAN ASTM A36 DAN ALUMINIUM 5083 UNTUK PELAT KAPAL

  • Achmad Faisol Ridho 085851243832

Abstract

Pembangunan lambung kapal sangat bergantung pada strukturnya. Material untuk lambung kapal harus memiliki karakteristik yang tepat. Material baja memiliki kelemahan yang menyebabkan banyak kerugian, salah satunya adalah ketahanan korosi yang buruk. Keunggulan material aluminium adalah massa jenisnya yang lebih ringan dan daya tahan korosi tinggi. Namun, nilai jualnya yang tinggi dan biaya yang tinggi selama pembangunan, pemeliharaan adalah kekurangan aluminium. Akibatnya, penelitian ini melakukan pengujian untuk menilai perbandingan korosi antara material baja ASTM A36 dan alluminium 5083,untuk menghitung umur material lambung kapal dan biaya perbaikan Pada spesimen pelat dengan tebal 8 mm, umur pelat baja adalah 3,4 tahun, sedangkan umur aluminium dengan tebal 12 mm adalah 26 tahun, dan nilai laju korosi baja tidak memenuhi kategori excellent (0,02 hingga 0,1 mmpy) untuk air laut gresik pada standar laju korosi yang diizinkan untuk material pelat kapal. dengan Akumulasi total biaya reparasi kapal per plat pada kapal baja adalah sebesar Rp10.150.000,00 sedangkan pada kapal aluminium adalah sebesar Rp 30.490.500,00 Perbedaan pada biaya total akumulasi memiliki selisih biaya sebesar Rp20.340.500,00. Perbedaan biaya total disebabkan oleh mahalnya harga aluminium serta biaya produksi dan perbaikannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2024
How to Cite
RIDHO, Achmad Faisol. ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS KOROSI PERBANDINGAN ASTM A36 DAN ALUMINIUM 5083 UNTUK PELAT KAPAL. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 303-311, may 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/7553>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i3.7553.
Section
Articles