Perencanaan Persediaan Bahan Baku Storage Tank Dengan Teknik Lot Sizing Wagner Within Pada Material Requirement Planning (MRP)

  • winda winda dwi agustin universitas internasional semen indonesia

Abstract

Pengendalian persediaan dalam dunia industri begitu krusial. Bahan baku merupakan bagian penting dari proses produksi perusahaan. PT Aneka Jasa Teknik merupakan perusahaan pembuat storage tankĀ  dengan bahan baku berupa Plate, flage, serta pipa. Bahan baku tersebut sering terjadi kelebihan ataupun kekurangan stok. Penelitian ini diperlukan guna menuntaskan masalah perusahaan untuk menemukan persediaan bahan baku yang efektif serta mengurangi resiko akibat kekurangan stock perencanaan pesanan dan biaya tambahan yang disebabkan oleh kekurangan kelebihan bahan baku. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode wagner within dapat menghemat pengeluaran perusahaan dibandingkan dengan metode perusahaan saat ini dengen total biaya pemesanana pada bahan baku storage tank sebesar Dengen total biaya pemesanana pada bahan baku storage tank sebesar Rp.899.200,00 di banding dengan biaya Perusahaan saat tidak mengunakan metode wagner within biaya yang didapat sebesar Rp.13.126,400. Biaya tersebut efisien karena jumlah pesan yang dikirim melalui metode Wagner Within lebih sedikit daripada yang dikirim oleh perusahaan saat ini. Metode wagner within dapat berpengaruh pada terpenuhinya bahan baku pada saat diperlukan dan tidak menyebabkan overloadnya gudang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2024
How to Cite
DWI AGUSTIN, winda winda. Perencanaan Persediaan Bahan Baku Storage Tank Dengan Teknik Lot Sizing Wagner Within Pada Material Requirement Planning (MRP). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 4, p. 470-479, sep. 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/8217>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i4.8217.
Section
Articles