PEMILIHAN SUPPLIER BUAH MANGGA DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus: UD Mangga Sultan)

  • hidayat hidayat

Abstract

Mangga Sultan merupakan salah satu usaha kecil menengah yang bergerak di bidang perdagangan Mangga. Sebagai usaha kecil dan menengah Mangga yang mendistribusikan Mangga di sejumlah UKM Mangga di beberapa pasar kota Gresik. Berkaitan dengan hal tersebut, sektor usaha kecil dan menengah juga dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas produk yang harus didukung dengan memperoleh bahan baku dari pemasok yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria dan sub kriteria dalam proses pemilihan supplier Mangga UD. Mangga Jaya Group dan cari tahu pemasok mana yang memiliki kinerja terbaik dan efektif dalam menyediakan pasokan Mangga


Metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) yang merupakan metode menganalisis pengambilan keputusan secara tepat dan efektif dengan permasalahan yang disusun dengan Hierarchy sehingga permasalahan yang kompleks menjadi sederhana. AHP digunakan untuk pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah atau masalah dalam perencanaan, pemilihan alternatif, pembuatan prioritas, pemilihan konsep, pengalokasian sumber daya, pemilihan kebutuhan, peramalan, perencanaan, pengukuran kinerja, pengoptimalan, dan penyelesaian hasil.


Metode AHP (analytical hierarki process) menghasilkan kriteria Price, 42,7%, Quality 27,1%, Services 6,4%, Delivery Accuracy 13,6% dan capacity 10,3%. Pada penelitian ini terdapat 6 alternatif pemasok yang dapat dipilih dan pemilihan pemasok terbaik dari hasil analisis yaitu petani Mangga Bali Tabanan yang memiliki kinerja terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 9, 2022
How to Cite
HIDAYAT, hidayat. PEMILIHAN SUPPLIER BUAH MANGGA DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus: UD Mangga Sultan). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 2, n. 3, p. 461-471, apr. 2022. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/3924>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v2i3.3924.
Section
Articles