PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU UNO SCAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK

  • Rahmat Rudianto Institut Al Azhar Menganti Gresik
  • Siti Khodijah Al Kamilah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bermain kartu uno scan dalam meningkatkan literasi sains pada peserta didik MI H. Hasan Al Hasyim Sambikerep Surabaya. Proses pengembangan media Uno Scan menggunakan model 4 - D Thiagragan yang meliputi tahap pendefinisian (Define), perencanaan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dessimate). Hasil dari penelitian ini adalah media bermain kartu Uno Scan. media kartu Uno Scan merupakan media pembelajaran berbasis permainan yang dilengkapi dengan QR – Code pada sisi kanan media. Uno Scan memuat materi daur hidup hewan yang dikembangkan untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik. Subyek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas IV yang berjumblah 17 anak. Metode yang digunakan untuk mengawali data dalam penelitian ini antara lain: observasi, validasi media, tes pre - test dan post – test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mendapatkan nilai validasi ahli materi dengan rata - rata sebesar 98 %, validasi ahli media  dengan rata - rata sebesar 93 %. Kepraktisan media berdasarkan modul ajar dengan rata – rata nilai 3,70 dari 4,00 kategori praktis. Ketercapaian nilai KKM dengan rata- rata , peningkatan literasi sains peserta didik setelah diteliti dengan rumus N-gain menunjukkan persentase peningkatan dari 41,7 meningkat menjadi 74,7. Secara keseluruhan N-Gain skor menunjukkan bahwa peningkatan literasi sains pada peserta didik berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor N-Gain 0,56. Dan respon peserta didik terhadap media dengan kategori sangat menarik sebesar  94%. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2024
How to Cite
RUDIANTO, Rahmat; AL KAMILAH, Siti Khodijah. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU UNO SCAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 90-99, may 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/8452>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i1.8452.
Section
Articles