Kecerdasan Musikal melalui Multimedia sebagai Stimulan Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak
Istilah "PAUD" mulai dikenal secara resmi pada kisaran tahun 2000 ketika pemerintah Indonesia mengadopsi program pendidikan Anak Usia Dini yang lebih terpadu. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengakui PAUD sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional. Dalam Pasal 28, disebutkan bahwa PAUD adalah pendidikan yang ditujukan kepada anak sejak lahir hingga usia enam tahun.
Penelitian ini dikaji dalam perspektif sejarah pendidikan melalui metode observasi dan wawancara. Data deskriptif didapatka dengan tujuan untuk pendataan solusi terkait dinamika pendidikan non formal khususnya jalur pendidikan Satuan PAUD Sejenis (SPS) dalam tantangan kontemporer. Dengan harapan emoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan terkhusus bagi para pemberi kebijakan untuk perbaikan pendidikan non formal khususnya SPS demi Indonesia Maju.
Kata Kunci : Sejarah, tantangan kontemporerl, Pendidikan non formal PAUD-SPS yg