Hubungan antara Permainan Tiny Puzzle dengan Kemampuan Klasifikasi Anak Usia Dini Di Kelompok B1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui: 1) permainan Tiny Puzzle di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung, 2) kemampuan klasifikasi anak usia dini di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung, dan 3) hubungan antara permainan Tiny Puzzle dengan kemampuan klasifikasi anak usia dini di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional untuk mencari derajat hubungan hubungan antara variabel X (permainan Tiny Puzzle) dengan variabel Y (kemampuan klasifikasi) yang dilakukan pada subjek 12 orang anak di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan unjuk kerja. Kemudian dianalisis menggunakan statsistik yaitu analisis parsial item per indikator, uji normalitas, uji regresi linier, koefisien korelasi dan determinasi, uji hipotesis. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa permainan Tiny Puzzle di
Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung termasuk pada kategori
sangat baik, begitu pula perkembangan perilaku prososial. Ada hubungan antara
kedua variabel, dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,79 yang mana
berada pada interval 0,600-0,799, dengan interpretasi tingkat hubungan yang
kuat/ tinggi. Kemudian diperoleh nilai thitung = 4,081 dan ttabel = 2,228
dengan db = 10 pada taraf signifikasi 5%, karena thitung (4,081) > ttabel (2,228)
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi yang menyatakan
kebenaran korelasinya yaitu sebesar 62,41%. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan
antara permainan Tiny Puzzle dengan kemampuan klasifikasi anak
usia dini di Kelompok B1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung.