PENGARUH MEDIA LOTO WARNA DAN BENTUK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNTITIF ANAK KELOMPOK A DI RA AL-ISLAM JETIS DAGANGAN MADIUN

  • Muslimawati Suryaningrum

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dan bentuk yang masih rendah di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun. Sebagian besar anak di desa Jetis tidak mengenyam sekolah play group sehingga kemampuan kognitif dalam mengenal warna dan bentuknya masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media loto warna dan bentuk terhadap kemampuan kognitif anak di RA Al-IslamJetis Dagangan Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun. Sampel yang digunakan adalah jumlah populasi yang berjumlah 34 anak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara random berdasarkan urut absen kelas. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji beda Mann-Whitney U-Test. Berdasarkan hasil analisis data antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam mengenal warna dan bentuk maka diperoleh harga nilai U1 dari kelompok eksperimen lebih kecil daripada kelompok kontrol yaitu U2. Dengan tingkat kesalahan 0,05 dengan jumlah n1= 17 dan n= 17 diperoleh tabel 77 maka harga U hitung lebih kecil daripada U tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 27, 2018
How to Cite
SURYANINGRUM, Muslimawati. PENGARUH MEDIA LOTO WARNA DAN BENTUK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNTITIF ANAK KELOMPOK A DI RA AL-ISLAM JETIS DAGANGAN MADIUN. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 14-21, feb. 2018. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/276>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v1i1.276.
Section
Articles