Pengembangan Media Pohon Pintar Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Kelompok A TKM NU 295 Roudlotun Nafilah Griya Peganden Asri

  • Nurul qomariyah Universitas mukhamadiyah gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berupa Pohon Pintar untuk pengembangan motorik halus anak Kelompok A. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) 6 tahapanm, yaitu :   1) mengobservasi potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk, dan 6) ujicoba produk. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengevaluasi kualitas media pembelajaran, respon anak, orangtua, guru dan kepala sekolah.validasi media pembelajaran dilakukan oleh dosen Jurusan PIAUD Universitas Muhammadiyah Gresik, dan diujicobakan pada anak Kelompok A di TKM NU 295 Roudlotun Nafilah Griya Peganden Asri. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran Pohon Pintar untuk pengembangan motorik halus anak kelompok A. Penilaian aspek kelayakan media  pembelajaran memperoleh presentase sebesar 70,20% dengan kategori “Baik” sehingga layak di ujicobakan dan untuk respon anak peneliti mendapatkan  skor 54 dan kelayakan produk sebesar 71,79% dengan kesimpulan hasil produk termasuk dalam kategori “Sangat Baik” atau media “pohon pintar” layak digunakan sebagai media pengembangan motorik halus anak di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 29, 2021
How to Cite
QOMARIYAH, Nurul. Pengembangan Media Pohon Pintar Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Kelompok A TKM NU 295 Roudlotun Nafilah Griya Peganden Asri. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 28-39, jan. 2021. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/2248>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v3i1.2248.