Peningkatan Kemampuan Strategi Pemasaran pada Tim Pemasaran di Majelis Dikdasmen PNF Cabang Muhammadiyah Gresik
Abstract
Saat ini persaingan dalam memperoleh peserta didik antara lembaga pendidikan terutama swasta pada tingkat dasar sangat kompetitif hal ini dapat dilihat daribanyaknya lembaga pendidikan yang menerapkan strategi pemasaran untuk menarik calon peserta didik agar target perolehan tercapai. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah salah satunya belum terbedakannya keunggulan dari pesaing melalui strategi pemasaran yang lebih efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi pada siswa tim pemasaran penerimaan siswa baru di Majelis Dikdasmen PNF Cabang Muhammadiyah Gresik. Kegiatan ini memiliki beberapa output yang diharpakan mampu meningkatkan kompetensi tim pemasaran, yakni diharapkan pengetahuan dan kompetensi menjual peserta meningkat. Metode yang digunakan adalah adalah dengan metode sosialiasi melalui seminar dalam kelas. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah para peserta dapat mengetahui tentang konsep-konsep strategi pemasaran yakni segmenting targeting dan positioning termasuk salling skill. Para peserta dapat memperbarui pengetahuan pemasarannya yang dapat diimplementasikan pada praktek sehari-hari dalam memasarkan sekolah sebagai bagian bagaimana mendapatkan peserta didik yang sesuai target.