Penyuluhan Kesehatan Mental Remaja di SMK Islamic Qon Gresik

  • Ervi Suminar Program Studi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wiwik Widiyawati Program Studi Ners Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widya Lita Fitrianur Program Studi Ners Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Masa remaja merupakan masa perubahan pertumbuhan dari masa kanak kanak menuju ke masa yang lebih dewasa, dan memiliki perubahan fisik dan psikis. Masa remja juga merupakan masa yang unik dan formatif. Perubahan fisik, emosional dan sosial, termasuk kemiskinan, pelecehan, atau kekerasan, dapat membuat remaja rentan terhadap masalah kesehatan mental. Melindungi remaja dari kesulitan,mempromosikan pembelajaran sosio-emosional dan kesejahteraan psikologis,dan memastikan akses ke perawatan kesehatan mental sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka selama masa remaja dan dewasa. Berdasarkan perspektif kesehatan masyarakat, sekolah merupakan tempat yang ideal untuk mengidentifikasi anak-anak dan remaja dengan kemungkinan masalah kesehatan mental karena mereka menawarkan kesempatan untuk menjangkau sejumlah besar remaja. Faktanya,layanan kesehatan mental berbasis sekolah merupakan intervensi yang paling umum diakses untuk anak dan remaja dengan masalah kesehatan mental, menjadikan sekolah sebagai penyedia utama layanan kesehatan mental untuk anak-anak dan remaja. Adanya perhatian dan intervensi terhadap fungsi kesehatan mental siswa di sekolah dapat meningkatkan pembelajaran dan mencegah timbulnya hasil negatif yang terkait dengan masalah kesehatan mental yang tidak diobati.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 26, 2024
How to Cite
SUMINAR, Ervi; WIDIYAWATI, Wiwik; FITRIANUR, Widya Lita. Penyuluhan Kesehatan Mental Remaja di SMK Islamic Qon Gresik. Conscilience: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-10, mar. 2024. ISSN 2986-8130. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jc/article/view/7507>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jc.v1i2.7507.
Section
Articles