PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS STEM-PBL PADA MATERI STATISTIKA

  • yeva kurniawati universitas Qomaruddin
  • Sholikatul Ummah Universitas Qomaruddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis STEM-PBL pada materi statistika yang layak dari aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Assa’adah Bungah pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar validasi, istrumen pengujian kepraktisan berupa angket respon guru dan siswa, dan instrumen keefektifan berdasarkan dari hasil asesmen sumatif dan asesmen formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan memperoleh skor 3,8 yang termasuk kategori sangat valid. Nilai kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dengan skor 3,5 dan angket respon siswa diperoleh skor 3,6 dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, aspek keefektifan dari asesmen sumatif diperoleh skor rata-rata 88,7 yang termasuk kategori efektif.


.


Kata kunci: Modul Ajar, STEM, Problem Based Learning, Statistika, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2023
How to Cite
KURNIAWATI, yeva; UMMAH, Sholikatul. PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS STEM-PBL PADA MATERI STATISTIKA. Conscilience: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 48-62, oct. 2023. ISSN 2986-8130. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jc/article/view/6420>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420.
Section
Articles