SISTEM PREDIKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE (STUDI KASUS: APOTEK WILUJENG KECAMATAN PANCENG KAB.GRESIK)

  • ZUDI ITA BELA ZUDI ITA BELA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Abstract

Apotek adalah tempat dilakukannya perkerjaan kefarmasian, misalnya meracik obat serta konseling pasien atau konsumen kepada seorang apoteker untuk menentukan jenis obat yang akan dibeli dan aman untuk dikonsumsi. Banyaknya penjualan obat yang terus bertambah dimasa covid-19 ini, menyebabkan pasien atau konsumen yang  membeli kebutuhan obat sering mengalami kehabisan stok di apotek. Dengan adanya covid-19 atau permasalahan ini pemilik usaha apotek sering mengalami kerugian dan mengalami penurunan perkembangan usaha pemilik apotek. Apotek Wilujeng merupakan tempat untuk menjual obat yang dibutuhkan pasien atau konsumen dan kadang membuat atau meramu racikan obat sesuai resep dokter, yang berada di Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Dalam hal ini Apotek Wilujeng mengalami permasalahan dalam proses penyetokan obat sehingga mengalami kekurangan stok obat dan menyebabkan kerugian dengan kehilangan pelanggan atau konsumen, sehingga keuntungan yang didapatkan berkurang. Oleh karena itu di butuhkan suatu metode yaitu metode Single Moving Average (SMA), Metode Single Moving Average adalah metode peramalan yang menggunakan sejumlah data actual permintaan yang baru untuk membangkitkan nilai ramalan untuk perintaan dimasa yang akan  datang dimana periode yang digunakan setelah membandingkan 3 yaitu periode 2, 3 dan 5 bulan. Maka dipilih metode Single Moving Average yang diharapkan dapat memprediksi penjualan obat untuk bulan yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 28, 2022
How to Cite
ZUDI ITA BELA, ZUDI ITA BELA. SISTEM PREDIKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE (STUDI KASUS: APOTEK WILUJENG KECAMATAN PANCENG KAB.GRESIK). Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 47-58, june 2022. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/3638>. Date accessed: 16 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v4i1.3638.
Section
Articles