PERAMALAN PERMINTAAN JUMLAH PUPUK KCL MENGGUNAKAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE (STUDI KASUS PT. SENTANA ADIDAYA PRATAMA)

  • Maulana Firdaus PT. Setana Adidaya Pratama
  • Soffiana Agustin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Umi Chotijah

Abstract

Dalam melaksanakan penetapan target kebutuhan pupuk di PT. Sentana Adidaya Pratama membutuhkan informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu. Namun sejauh ini penentuan target permintaan masa depan tidak obyektif karena tidak menggunakan teori ilmiah atau sistem peramalan. Sistem Peramalan Kebutuhan Pupuk di PT. Sentana Adidaya Pratama dengan Metode Single Moving Average bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan pupuk di PT. Sentana Adidaya Pratama. Sistem ini menghasilkan output berupa jumlah kebutuhan pupuk bulan berikutnya di PT. Sentana Adidaya Pratama. Hasil Pengujian Sistem yang menggunakan periode 3 bulan dengan 36 data Januari 2015 sampai Desember 2017 dapat menghasilkan kebutuhan pupuk bulan berikutnya yaitu Januari 2018 sebesar 3.067 pupuk. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 20, 2021
How to Cite
FIRDAUS, Maulana; AGUSTIN, Soffiana; CHOTIJAH, Umi. PERAMALAN PERMINTAAN JUMLAH PUPUK KCL MENGGUNAKAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE (STUDI KASUS PT. SENTANA ADIDAYA PRATAMA). Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, apr. 2021. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/2550>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v2i1.2550.

Most read articles by the same author(s)