DSS DECISION SUPPORT SYSTEM REKOMENDASI PENERIMA PROGRAM PEMERINTAH BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)

  • arni ayuning tyas Desa Cerme
  • Umi Chotijah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Henny Dwi Bhakti Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Dusun Cerme Kidul RT. 001 RW. 001, merupakan dusun yang terletak di Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Setiap dusun di desa cerme kidul akan mendapatkan program bantuan sosial dari pemerintah untuk meningkatkan taraf kehidupan warga dusun yang kurang mampu, salah satunya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dalam hal ini pihak kelurahan desa perlu mengidentifikasi warga dusun yang berhak direkomendasikan sebagai penerima bantuan sosial tersebut. Terdapat permasalahan dalam pelaksanaan rekomendasi tersebut, dimana pihak sekretaris desa akan menyeleksi sendiri dan kemungkinan terjadi kesalahan, seperti orang yang tidak berhak aakn direkomendasikan sedangkan yang berhak tidak direkomendasikan seagai penerima bantuan sosial. Maka dari itu proses rekomendasi penerma diperlukan SPK (Sistem Pendukung Keputusan) untuk menentukan warga dusun yang berhak direkomedasikan. Penelitian ini menggunakan metode Weighted Product (WP) untuk memberikan rekomendasi penerima program bantuan sosial. Penelitian ini menggunakan data warga dusun Cerme Kidul RT. 001 RW. 001 yang terdiri dari 95 data.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 11, 2021
How to Cite
TYAS, arni ayuning; CHOTIJAH, Umi; BHAKTI, Henny Dwi. DSS DECISION SUPPORT SYSTEM REKOMENDASI PENERIMA PROGRAM PEMERINTAH BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP). Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 55-69, nov. 2021. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/2846>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v3i2.2846.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>