Mengenali Gaya Belajar: Sosialisasi dan Tes Gaya Belajar di UPT SDN 358 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30587/ijcdh.v5i02.9694Keywords:
Gaya Belajar, Informasi, Siswa, SosialisasiAbstract
Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda dalam memahami dan menyerap informasi. Karakteristik gaya belajar yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti sensorik, motorik, serta gaya kognitif yang berbeda. Pendekatan pembelajaran yang beraneka ragam kurang efektif dalam mengakomodasi kebutuhan setiap siswa. Solusi untuk mengoptimalkan pembelajaran di pendidikan Sekolah Dasar yaitu dengan tes gaya belajar guna memahami cara terbaik setiap siswa menyerap, memproses, dan mengaplikasikan suatu informasi. Program ini bertujuan untuk membangun kesadaran siswa siswi UPT SD Negeri 358 Gresik mengenai pentingnya pemahaman tentang konsep gaya belajar. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kelas 4 (23 siswa) dan kelas 6 (6 siswa) UPT SDN 358 Gresik. Pengabdian masyarakat dengan metode wawancara, sosialisasi, dan tes gaya belajar. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan tes gaya belajar di UPT SDN 358 Gresik adalah mayoritas siswa kelas 4 (47,8%) dan kelas 6 (66,6%) dominan memiliki gaya belajar visual. Diharapkan pihak sekolah UPT SDN 358 Gresik dapat mempertimbangkan penerapan tes gaya belajar sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang berkelanjutan, sehingga metode pengajaran dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
References
[2] R. Pratiwi, F. Firman, and N. Netrawati, ‘Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Pelaksanaan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid’, Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, vol. 2, no. 3, pp. 1209–1215, Dec. 2024, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/2058
[3] D. Yani, S. Muhanal, and A. Mashfufah, ‘Implementasi Assemen Diagnostic untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar’, Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 241–250, Jan. 2023, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27
[4] W. L. Fitrianur, E. Suminar, and W. Widiyawati, ‘Pendampingan dan Penyuluhan Dukungan Sosial Remaja untuk Meningkatkan Resiliensi Menghadapi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Sunan Giri Menganti Gresik’, Indonesian Journal of Community Dedication in Health, vol. 2, no. 2, pp. 59–64, Jun. 2022, Accessed: Apr. 29, 2025. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v2i02.3948
[5] F. Cica, N. Wedyawati, and L. Parida, ‘Korelasi antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Pagal II/Tayak Kecamatan Tempunak Tahun Pelajaran 2020/2021’, Journal of Educational Learning and Innovation, vol. 2, no. 1, pp. 86–95, Mar. 2022, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.385
[6] N. A. Azizah and D. Widyartono, ‘Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik: Temuan dari Siswa Kelas VII’, Journal of Language Literature and Arts, vol. 4, no. 11, pp. 1117–1123, Oct. 2024, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1117-1123
[7] D. Supit, M. Melianti, E. M. M. Lasut, and N. J. Tumbel, ‘Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa’, Journal on Education, vol. 5, no. 3, pp. 6994–7003, Feb. 2023, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
[8] H. Chantika, W. Hanim, and U. Hasanah, ‘Teori Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pengaruhnya dalam Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar’, Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 3, pp. 13896–13907, Jun. 2024, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12041
[9] R. Amelia, S. N. R. Izzah, M. A. Hikmah, and M. Y. A. Bakar, ‘Memahami Gaya Belajar Siswa: Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran’, Jurnal Ilmiah Nusantra, vol. 2, no. 1, pp. 287–300, Dec. 2025, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3276
[10] B. Anjarweni, D. Rakhmawati, and A. Handayani, ‘Peran Gaya Belajar dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka’, Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, vol. 10, no. 2, pp. 1636–1648, Jun. 2024, Accessed: Apr. 30, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3267