Pengaruh Pemberian Pepaya California(Carica Papaya L) Terhadap Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri
DOI:
https://doi.org/10.30587/ijmt.v5i1.10560Abstract
Latar Belakang: Remaja merupakan individu dalam rentang usia 10-18 tahun yang mengalami perubahan biopsiko, kognitif dan emosional sehingga rentan mengalami gangguan kesehatan seperti anemia. Remaja putri sepuluh kali lebih berisiko mengalami anemia disebabkan oleh adanya menstruasi setiap bulan sehingga kebutuhan zat besi lebih banyak. Upaya pemerintah dalam menanggulangi anemia remaja putri belum berjalan optimal. Sehingga, diperlukan alternatif seperti pepaya California, yang mengandung 4,06 mg zat besi dan 106,6 mg vitamin C per 100 gram. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh pemberian pepaya California (Carica Papaya L) terhadap peningkatan kadar hemoglobin remaja putri di MTS Al-Amin Jember. Metode Penelitian: Metode penelitian menggunakan desain pre- eksperimental ,one grup pretest-postest. 40 sampel dari 60 siswi, menggunakan metode purposive sampling. Uji T berpasangan digunakan sebagai Uji statistik penelitian. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pemberian pepaya california terhadap kadar haemoglobin remaja putri dengan nilai p-value < 0,01 (p < 0,05). Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ada pepaya California dapat meningkatkan 0,2–3,6 g/dl kadar hemoglobin pada remaja putri di Mts Al-Amin Jember. Penelitian ini dapat menjadikan dasar edukasi gizi dan konsumsi pepaya California sebagai strategi untuk mencegah anemia.Downloads
References
Atik, N. S., Susilowati, E., & Kristinawati. (2022). Gambaran Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri di SMK Wilayah Dataran Tinggi. Jurnal Indonesia Kebidanan, 6(2), 61–68. http://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/ijb/article/view/1731/1033
Banowati, R., Handayani, N. T., & Kurniasih, D. (2020). Hubungan status gizi dan pola makan dengan kejadian anemia pada remaja putri. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 11(2), 45–51. https://jurnal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan/article/view/241
Cahyani, L. (2024). Kadar hemoglobin pada remaja putri yang sedang menstruasi di desa Donoyudan Kalijambe Sragen. 18(5), 577–583.
Dieny, F. F., Lestari, N., & Afifah, D. N. (2020). Hubungan antara konsumsi vitamin C dan penyerapan zat besi pada remaja putri. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 9(2), 69–76. https://doi.org/10.14710/jgi.9.2.69-76
dr. Febri Endra Budi Setyawan, M. K. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Zifatama Jawara.
Fitriani, D., Rachmah, R., & Yulianti, E. (2023). Efektivitas intervensi makanan alami terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada remaja putri. Jurnal Gizi dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.22146/jgki.74102
Hidayat, F., & Rukmana, I. (2020). Pengaruh konsumsi teh terhadap penyerapan zat besi dan kadar hemoglobin. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(1), 23–29. https://jurnal.stikesalirsyadclp.ac.id/index.php/jka/article/view/54
Kemenkes RI 2022. (2023). Profil Kesehatan Indo-nesia. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id. https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-2021.pdf
Kemenkes RI 2022 (2023) Profil Kesehatan Indo-nesia, Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Khasanah, R., Wahidah, B. F., Hayati, N., Miswari, & Kamal, I. (2020). Etnobotani Tumbuhan Pepaya (Carica papaya L.) di Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Jurnal Biologi, Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Alauddin Makasar, September, 363–371.
Mardiana Mardiana, Meldawati Meldawati, & Nurul Hidayah. (2023). Efektivitas Konsumsi Buah Naga dan Fe terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil dengan Anemia. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(3), 53–63. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i3.2583
Marsaulina, I. (2023). Pemenfaatan Buah Pepaya Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Remaja Siswi SMP Perguruan Islam Modern Amanah Medan Tahun 2023. Jurnal Maternitas Kebidanan, 8(2), 158–167.
Mayasari, A. T., Febriyanti, H., & Primadevi, I. (2021). Kesehatan Reproduksi Wanita di Sepanjang Daur Kehidupan. Syiah Kuala University Press,.
Nurdin, N., Zulkifli, Z., Suprasman, S., Morena, Y., Ermiyati, E., & Shalahuddin, M. (2022). Penerapan Eco-School Dengan Budidaya Kangkung Darat Dan Pepaya California Di Smp It Khazanah Boarding School. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 144–154. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i2.2561
Oktavianis, E., Putri, S., & Andini, R. (2019). Pola makan dan kejadian anemia pada remaja putri. Jurnal Keperawatan Maternity, 7(1), 25–32. https://doi.org/10.26714/jkm.v7i1.4412
Pamela, D. D. A., Nurmala, I., & Ayu, R. S. (2022). Faktor Risiko Dan Pencegahan Anemia Pada Wanita Usia Subur Di Berbagai Negara. Ikesma, 18(3), 161. https://doi.org/10.19184/ikesma.v18i3.26510
Pitaloka, D. S. S. (2022). Pengaruh Pemberian Sari Kacang Merah Terhadap Peningkatan Kadar Hb Remaja Putri Usia 15-17 Tahun (Di Pondok Pesantren Tanah Merah Bangkalan). https://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/6425/
Prabandari, A. S., Sari, A. N., Pramonodjati, F., Utomo, A. I., & Saputro, P. Y. (2023). Edukasi Pencegahan Anemia dan Pemeriksaan Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri di Kelurahan Gedangan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Indonesian Jurnal of Community Empowerment (IJCE), 5(2), 138–143. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJCE/article/view/2621%0Ahttps://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJCE/article/download/2621/2083
Putri, R., & Nurhaliza, D. (2022). Hubungan asupan cairan, aktivitas fisik, dan penyerapan zat besi dengan kadar hemoglobin. Jurnal Ilmu Kebidanan (JIK), 6(2), 91–97. https://ejournal.poltekkes-solo.ac.id/index.php/JIK/article/view/539
Rasyid, P. S., Zakaria, R., & Zakiya Tasman Munaf, A. (2022). Remaja dan Stunting. NEM.
Rosidah, & Nurbaiti, S. L. (2022). Pengaruh Pemberian Pepaya California Terhadap Peningkatan Kadar Haemoglobin Remaja Putri. Journal Transformation of Mandalika, 2, 114–120.
Sari, N. and Safriana, R.E. (2023) ‘Literatur Review : Hubungan Pengetahuan dan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah dengan Kejadian Anemia Defisiensi Besi pada Remaja Putri IJMT : Jurnal Kebidanan │ 29 IJMT : Jurnal Kebidanan │ 30’, 2(2), pp. 29–34.
Siregar, T. N., Widodo, W., & Aprianti, N. (2021). Penerimaan pangan lokal dalam intervensi gizi untuk pencegahan anemia. Jurnal Gizi dan Pangan, 16(2), 85–94. https://doi.org/10.25182/jgp.2021.16.2.85-94
World Health Organization. WHO guideline onuse of ferritin concentrations to assess iron status in populations. (World Health Organization,2020).
Wulandari, N., Sari, K. P., & Andriani, A. (2021). Asupan zat besi non-heme dan vitamin C terhadap kadar hemoglobin pada remaja putri. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 13(1), 12–18. https://doi.org/10.31983/jgk.v13i1.2453
Zaki, M., & Saiman. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118.