Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik di SMAN 1 KAMAL
Abstract
Proses pembelajaran akan dikatakan dapat berjalan dengan baik/berhasil salah satunya apabila siswa aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Namun, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti melalui pengamatan langsung di kelas X-4 SMA Negeri 1 Kamal serta wawancara pada guru pengampu dimana diperoleh bahwa beberapa siswa cenderung pasif saat pembelajaran. Sedikit banyak siswa kelas X-4 cenderung pasif karena dampak pandemi covid-19, mereka masih terbiasa dengan pelajaran yang hanya mendengarkan atau langsung menerima materi serta siswa lebih banyak melakukan pembelajaran dengan mengutamakan kehadiran namun tidak mengikuti pembelajaran sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa SMA Negeri 1 Kamal melalui pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan saat semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik dan instrument pengumpulan data pada penelitian adalah teknik pengamatan (observasi) dan lembar pengamatan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Kamal. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata keaktifan siswa dari pra siklus ke siklus I yakni semula 65,27% menjadi 69,09%. Pada siklus II rata-rata keaktifan kembali meningkat menjadi 77,08%.