Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika di kelas VIII B SMP Negeri 2 Perak yang masih menggunakan pembelajaran konvensional yang berpusat kepada guru. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan persentase nilai sebesar 13,9% dan termasuk dalam kriteria “sebagian kecil” dari siswa yang berminat dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan berbantuan media konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggambarkan proses dinamis meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan angket atau kuesioner. Dan instrumen penelitian menggunakan lembar angket minat belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui proses cleaning, coding, skoring, dan entering. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media konkret terhadap minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase minat belajar pada pra siklus dengan nilai 13,9% menjadi 42,85% pada siklus 1 dengan kriteria “hampir setengahnya”. Dan dilanjutkan peningkatan persentase menjadi 66,03% pada siklus 2 dengan kriteria “sebagian besar”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media konkret dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika.