Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pokok Bahasan Statistika pada Kelas X-C SMAN 3 TUBAN

  • Siti Rodhiyatul Janah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fatimatul Khikmiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nidaan Chofiyyah Astari Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru menjadikan peserta didik kurang aktif dalam menggali ilmu pengetahuan dari berbagai sumber belajar.  Penting bagi guru untuk dapat merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang tepat, salah satunya menggunakan model pembelajaran Guided discovery learning yang mempergunakan teknik penemuan terbimbing.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pokok bahasan statistika melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning pada kelas x-c SMAN 3 Tuban.


Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tuban tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-C yang berjumlah 37 anak, dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 13 anak dan perempuan 24 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisi deskriptif dengan presentase. Adapun kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang memperoleh kategori keaktifan belajar sebesar lebih dari atau sama dengan 75% (aktif).


Hasil data pembelajaran pra siklus diperoleh persentase keaktifan peserta didik sebesar 42%. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus pertama diperoleh persentase keaktifan peserta didik sebesar 69%. Dan pada pelaksanaan pembelajaran siklus kedua diperoleh persentase keaktifan peserta didik sebesar 81% dimana hal tersebut tergolong dalam kategori aktif. Dari persentase yang diperoleh, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap keaktifan belajar peserta didik. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Guided discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas X-C SMA Negeri 3 Tuban

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 13, 2024
How to Cite
JANAH, Siti Rodhiyatul; KHIKMIYAH, Fatimatul; ASTARI, Nidaan Chofiyyah. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pokok Bahasan Statistika pada Kelas X-C SMAN 3 TUBAN. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 420-430, jan. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7193>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7193.