Peningkatan Minat Matematika Siswa Kelas X-4 Sman 2 Jombang Pada Materi Statistika Dengan Model Problem Based Learning (PBL)

Authors

  • Dhedhen Dwi Puji Irawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diah Handayani SMAN 2 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7191

Keywords:

Problem Based Learning (Pbl), Statistika, Teaching At The Right Level (Tarl)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas X-4 SMAN 2 Jombang pada materi statistika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) dan juga meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas X-4 SMAN 2 Jombang. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman konsep oleh peserta didik. Peserta didik juga juga masih kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika terkait masalah kehidupan sehari-hari karena sebelumnya peserta didik belum pernah mendapatkan soal-soal yang berkaitan tersebut. Oleh karena itu, digunakan metode Teaching At The Right Level (Tarl) sebagai metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik aktif dan berpusat pada kemampuannya. Dengan cara memberikan kebebasan sendiri penyelesaian masalah dengan mengaitkan konsep-konsep yang terkait dalam kehidupan sehari-hari yang akan meningkatkan kemampuan koneksi matematika dan membuat kekuatan memori materi yang telah dipelajari dapat bertahan lama.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Irawan, D. D. P., & Handayani, D. (2024). Peningkatan Minat Matematika Siswa Kelas X-4 Sman 2 Jombang Pada Materi Statistika Dengan Model Problem Based Learning (PBL). Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 410–419. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7191