MENINGKATKAN MODEL KLASIFIKASI MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES PADA DATA PENJUALAN DI TOKO PELANGI JAYA MOTOR
DOI:
https://doi.org/10.30587/e-link.v20i1.9189Keywords:
klasifikasi, Naive Bayes, Permintaan Pelanggan, Sparepart MotorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi barang-barang "Laris" berdasarkan hasil klasifikasi guna memahami pola permintaan pelanggan dan mengurangi risiko kelebihan atau kekurangan stok di Toko Pelangi Jaya Motor. Dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes, penelitian ini mengevaluasi data penjualan untuk memetakan barang-barang dengan permintaan tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut jumlah penjualan (Qty) memiliki pengaruh paling signifikan dalam menentukan kategori "Laris" dengan tingkat akurasi model mencapai 97.17%. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan stok dan kepuasan pelanggan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.