PENGUKURAN DAN EVALUASI KINERJA PARAMETER QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN INTERNET SMA NEGERI 9 BALIKPAPAN

  • Maria Ulfah Politeknik Negeri Balikpapan
  • Andi Sri Irtawaty
  • Armin Armin

Abstract

SMA Negeri 9 Balikpapan menyediakan fasilitas jaringan internet di wilayah sekolh untuk dapat digunakan peserta didik sebagai sumber belajar agar dapat dapat mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan sesuai kebutuhan yang relevan dengan subjek mata pelajaran.


Seiring dengan pertambahan jumlah peserta didik dan kebutuhan  penggunaan jaringan Internet yang semakin sering membuat pengguna peserta didik  tidak dapat menggunakan akses internet secara maksimal seperti akses internet tidak stabil bahkan lambat apabila ada banyak pengguna mengakses internet yang sama pada saat bersamaan, bahkan mengalami kesulitan untuk terhubung dengan jaringan internet yang ada. Kondisi sepeerti ini tentunya menghambat proses belajar yang seringkali membuat peserta didik terpaksa melakukan penambatan akses internet pada jaringan seluler handphone mereka masing-masing.


            Hal di atas mendasari peneliti untuk melakukan penelitian untuk melakukan pengukuran Quality of Service (QoS) yang ada di wilayah SMA Negeri 9 Balikpapan dan melakukan evaluasi tingkat QoS yang ada berdasarkan standar TIPHON ((Telecommunication and Internet Protocol Harmonization Over Networks) dengan parameter bandwidth, packet loss dan delay untuk mengetahui tingkat layanan internet Dengan mengetahui tingkat QoS jaringan internet yang ada maka pihak  SMA Negeri 9 Balikpapan dapat melakukan upaya optimasi peningkatan kinerja jaringan agar dapat memberikan fasilitas internet yang maksimal kepada peserta didik.


            Dari hasil pengukuran kualitas jaringan internet yang ada pada SMA Negeri 9 Balikpapan didapatkan  Nilai rata-rata bandiwidth untuk SSID TEKKOMDIK SMA 9 BALIKPAPAN untuk aktifitas single sebesar  5.701.581 bps, sedangkan untuk SSID   TU SMA 9 sebesar 5.605.526 bps. Nilai rata-rata bandiwidth untuk SSID TEKKOMDIK SMA 9 BALIKPAPAN untuk aktifitas multi  sebesar  3.848.301 bps, sedangkan untuk SSID   TU SMA 9 sebesar 6.136.199 bp, Pada kedua SSID tersebut baik pada aktifitas single ataupun multi untuk parameter Packet loss dan delay semuanya berada dalam kategori sangat bagus

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 2, 2024
How to Cite
ULFAH, Maria; IRTAWATY, Andi Sri; ARMIN, Armin. PENGUKURAN DAN EVALUASI KINERJA PARAMETER QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN INTERNET SMA NEGERI 9 BALIKPAPAN. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 233-240, oct. 2024. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/8536>. Date accessed: 28 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v19i2.8536.
Section
Articles