MEMBANDINGKAN METODE SIMPLEKS DAN LINPROG

  • Ulul Ilmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan antara metode simpleks dan linprog guna merancang usaha tani untuk menemukan nilai optimisasi pada masalah pemrograman linear (linear programming) dengan menggunakan software matlab. Kriteria keberhasilan penelitian ini didasarkan pada ketepatan nilai fungsi objektif dan beban komputasi yang dihasilkan oleh kedua metode itu. Penelitian ini mengambil tempat di Instansi Dinas Pertanian dan Kehutanan Kecamatan Paciran.
Dalam penyelesaiannya, linear programming menuntut fungsi tujuan bernilai optimal (maksimum atau minimum) nonnegative yang tunduk pada variabel pembatas.
Hasil eksekusi simulasi linear programming menunjukkan metode linprog yang di hasilkan melalui software matlab menghasilkan beban komputasi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan metode simpleks yang juga disimulasikan memakai software matlab

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 15, 2018
How to Cite
ILMI, Ulul. MEMBANDINGKAN METODE SIMPLEKS DAN LINPROG. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 43-48, oct. 2018. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/614>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles