SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA BARU BERDASARKAN ZONASI DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT (STUDI KASUS: SMPN 5 KOTA TANGERANG SELATAN)

  • Ade Saputra Universitas Surapati

Abstract

Pendidikan merupakan suatu peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter. Untuk mendapatkan mutu Pendidikan yang merata pemerintah membuat peraturan mengenai sistem penerimaan peserta didik yang tertuang dalam Permendikbud no.14 Pasal 16 tentang penerimaan peserta didik baru yang dapat diterima sesuai dengan zonasi. Peraturan tersebut dibuat dengan harapan adanya kesetaraan dalam mutu pendidikan sehingga tidak ada lagi kesan sekolah favorit/unggulan dan sekolah non favorit/bukan unggulan. Tetapi pada kenyataan  yang terjadi membuat pihak sekolah menemukan adanya permasalahan dalam sistem penerimaan siswa baru di jalur zonasi. Seperti yang terjadi pada SMPN 5 Kota Tangerang Selatan pada saat penerimaan peserta didik baru masih menggunakan cara manual sehingga mengalami banyak kendala dalam membuat perangkingan. Permasalahan tersebut terjadi adanya ketidakpuasan pihak orang tua yang anaknya tidak diterima disekolah yang ditujunya. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan dibuatkannya suatu sistem dalam penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi. Pada penelitian ini menggunakan suatu sistem penerimaan peserta didik baru dengan metode Weighted Product. Metode ini digunakan dengan harapan permasalahan dalam penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan sistem zonasi akan terselesaikan. Hasil akhir dari penggunaan metode weighted product ini akan membuat perangkingan terhadap peserta didik yang mendaftar mengingat kuota yang di sediakan pihak sekolah masih sangat terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 27, 2022
How to Cite
SAPUTRA, Ade. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA BARU BERDASARKAN ZONASI DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT (STUDI KASUS: SMPN 5 KOTA TANGERANG SELATAN). E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 94-101, nov. 2022. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/4749>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v17i2.4749.