PERANCANGAN VARIABLE FREQUENCY DRIVE (VFD) SATU PHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SINUSOIDA PULSE WIDTH MODULATION BERBASIS MIKROKONTROLER

  • indrawan nugrahanto Politeknik Negeri Malang

Abstract

Pada jurnal yang kami buat saat ini memiliki tujuan untuk mendesain sebuah rangkaian Variable Frequency Drive (VFD)  satu phasa, yang mampu menghasilkan keluaran tegangan AC dan frekuensi yang dapat diubah-ubah dengan masukan dari sumber tegangan AC 220V 50Hz. Rangkaian VFD merupakan implementasi dari sebuah rangkaian Inverter satu phasa, diode Full-bridge rectifier digunakan untuk mengubah tegangan AC  menjadi tegangan DC yang selanjutnya tegangan DC akan dirubah kembali menjadi tegangan AC dengan frekuensi yang dapat diubah-ubah yaitu menggunakan rangkaian Full-bridge Inverter. Metode Unipolar Sinusoida Pulse Width Modulation (SPWM)  dipakai untuk mengontrol tegangan dan frekuensi keluaran dan juga menghasilkan tegangan keluaran yang mendekati gelombang  sinus. Untuk menghasilkan SPWM dipakai mikrokontroler ATMega8535. Sebagai aplikasi rangakaian VFD ini akan diaplikasikan untuk mengatur kecepatan motor AC jenis Motor kapasitor. Pembangkit SPWM menggunakan frekuensi sinyal carrier 1Khz, dengan index modulasi 0,9 . frekuensi keluaran yang dapat diatur antara rentang frekuensi 8 Hz sampai 80 Hz.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 27, 2022
How to Cite
NUGRAHANTO, indrawan. PERANCANGAN VARIABLE FREQUENCY DRIVE (VFD) SATU PHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SINUSOIDA PULSE WIDTH MODULATION BERBASIS MIKROKONTROLER. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 32-44, nov. 2022. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/4497>. Date accessed: 19 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v17i2.4497.