Pengembangan Media “Rumah Makan Cerdik” Materi Kewajiban dan Hakku untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yuli Tri Wahyuni Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhamad Basori Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4356

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan di SDN 1 Mlandangan, saat peneliti sedang observasi di SD tersebut. Pada saat itu guru hanya menggunakan metode ceramah saja dan suasana kelas menjadi kurang kondusif, ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi, siswa ramai sendiri, pada saat siswa diberi soal atau pertanyaan kepada guru ada beberapa siswa yang tidak bisa menjawab soal dari guru tersebut. Akibatnya siswa tidak memahami materi yang telah disampaikan sehingga motivasi dan hasil belajaranya rendah. Penelitian menggunakan metode RND ( Research and Development)  meliputi Anilisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Kemudian peneliti membuat pengembangan media yaitu pengembangan media rumah makan cerdik, pada tema 4 kewajiban dan hakku. Hasil penelitian ini adalah 1) Melalui penerapan pengembangan media pada Sekolah dasar dapat menumbuhkan motivasi dan semngat belajar siswa pada kelas 3 SDN 1 Mlandangan. 2) Hasil kevalidan menunjukan validasi materi 86% sedangkan ahli media menunjukkan 88% 3) Hasil Kepraktisan menunjukkan presentase 94 % yang diisi oleh guru kelas III 4) Dari hasil posttest yang menunjukkan keefektifan menunjukkan ketuntasan secara klasikal yaitu sebesar 90 % dari 11 siswa.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Tri Wahyuni, Y., Basori, M., & Aka, K. A. (2022). Pengembangan Media “Rumah Makan Cerdik” Materi Kewajiban dan Hakku untuk Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 95–103. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4356