PERAN FUN GAMES TERHADAP FUNGSI KOGNITIF DAN KEMATANGAN EMOSIONAL PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA

Authors

  • Gina Noor Djalilah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yelvi Levani Univeristas Muhammadiyah Surabaya
  • Laily Irfana Univeristas Muhammadiyah Surabaya
  • Nurma Yuliyanasari Univeristas Muhammadiyah Surabaya
  • Nenny Triastuti Univeristas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v7i2.9920

Abstract

Perkembangan anak usia sekolah dasar merupakan tahap penting dalam pembentukan berbagai aspek psikologis, terutama fungsi kognitif dan kematangan emosional. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) ini bertujuan mengimplementasikan dan mengevaluasi pengaruh fun games terhadap fungsi kognitif dan kematangan emosional siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 18. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut: Penyuluhan kesehatan untuk orang tua siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya dan kegiatan fun games untuk siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya. Kegiatan fun games yang diadakan untuk siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya diantaranya adalah: Permainan Puzzle, Permainan Ular Naga, Permainan Match Matching, Permainan Picture Memory, Permainan Lambang Bilangan dan Permainan Clap Boom Snatch. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini ditemukan skor fungsi kognitif yang secara keseluruhan baik. Melalui kegiatan abdimas ini, diharapkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir dan kecerdasan emosional siswa SD Muhammadiyah 18 secara simultan.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Gina Noor Djalilah, Yelvi Levani, Laily Irfana, Nurma Yuliyanasari, & Nenny Triastuti. (2025). PERAN FUN GAMES TERHADAP FUNGSI KOGNITIF DAN KEMATANGAN EMOSIONAL PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA . DedikasiMU : Journal of Community Service, 7(2), 204–211. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v7i2.9920