PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT WARGA MUHAMMADIYAH DESA KARANGSOKA, BANYUMAS, TENTANG PENTINGNYA PRODUK HALAL

  • Ika Yuni Astuti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Regawa Bayu Pamungkas
  • Arif Mulyanto

Abstract

Latar Belakang: Warga Muhammadiyah desa Karangsoka umumnya masih kurang mempraktekkan ajaran agama terkait halal haram, dan terbatas pada ritual saja. Kepedulian terhadap produk halal belum mendalam, hanya sekedar "tidak haram" tanpa mengantisipasi bahan yang diragukan. Perkembangan desa yang pesat dengan banyak tempat makan dan rumah potong hewan meningkatkan kebutuhan akan kesadaran produk halal. Jika kesadaran ini meningkat, akan berdampak positif bagi penduduk dan konsumen Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan warga Muhammadiyah ranting Karangsoka tentang pentingnya memproduksi dan menggunakan produk halal. Fokus pengabdian adalah memberikan penyuluhan terkait pentingnya produk halal, dari aspek agama dan kesehatan.


Metode kegiatan: Metode pengabdian masyarakat meliputi penyuluhan, diskusi, dan evaluasi. Promosi kesehatan dilakukan selama 1 hari dengan penyuluhan tentang produk halal, haram, dan dampaknya terhadap keberagamaan dan kesehatan. Penyuluhan diberikan menggunakan modul dan bookle. Diskusi diadakan untuk mempertajam pemahaman dan mengetahui respon peserta. Kegiatan praktik dilakukan agar masyarakat tidak hanya mengetahui teori, tetapi juga cara sederhana menyediakan dan pengurusan sertifikasi halal. Peserta diajarkan mengenali produk haram dan yang diragukan kehalalannya.


Hasil pengabdian masyarakat: Dari evaluasi terhadap hasil pretest dan postest peserta selama kegiatan penyuluhan, skor pengetahuan tentang produk halal meningkat dari rata-rata 61 menjadi 70, sehingga ada peningkatan pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 20, 2024
How to Cite
ASTUTI, Ika Yuni; PAMUNGKAS, Regawa Bayu; MULYANTO, Arif. PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT WARGA MUHAMMADIYAH DESA KARANGSOKA, BANYUMAS, TENTANG PENTINGNYA PRODUK HALAL. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 385-388, aug. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/8337>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i3.8337.