PENINGKATAN SOFT SKILL PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS BAGI PEDAGANG ASONGAN DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA-LOMBOK

  • Atri Dewi Azis Mataram University
  • Arafiq Arafiq
  • Ansar Ansar Mataram University
  • Lalu Muh Alan Budiman Universitas Mataram
  • Lira Yanti Universitas Mataram
  • Lisa Juniarti Universitas Mataram

Abstract

Pulau Lombok, selain memiliki pantai yang indah, juga dikenal memiliki souvenir mutiara yang sering ditawarkan pedagang asongan kepada wisatawan. Namun para pedagang asongan tersebut kurang menguasai percakapan bahasa Inggris, Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini adalah melakukan pendampingan kepada kelompok pedangan asongan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika untuk meningkatkan percakapan Bahasa Inggris tentang cara penawaran barang dagangan kepada wisatawan mancanegara. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah partisipatif yang berorientasi kepada peran serta mitra secara langsung dalam berbagai proses kegiatan, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa cara penawaran barang menggunakan Bahasa Inggris masih perlu dilakukan pendampingan secara terus-menerus. Sebagian pedagang asongan sebenarnya sudah terbiasa berkomunikasi dengan wisatawan asing menggunakan Bahasa Inggris, namun jumlahnya masih sangat sedikit. Kepribadian etika menjual juga sudah mulai diterapkan dengan tidak memaksa wisatawan untuk membeli barang dagangan. Mereka juga sudah menyadari bahwa para wisatawan memiliki banyak pilihan untuk membeli souvenir dengan harga yang cukup bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 2, 2024
How to Cite
AZIS, Atri Dewi et al. PENINGKATAN SOFT SKILL PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS BAGI PEDAGANG ASONGAN DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA-LOMBOK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 4, p. 467-472, dec. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/8313>. Date accessed: 30 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i4.8313.
Section
Articles