PENINGKATAN INDIVIDUAL DEVELOPMENT PLANS MELALUI PEMBELAJARAN BAGI GURU PONDOK PESANTREN MODERN

Authors

  • Fitri Nurmahmudah NA
  • Aliyah Rasyid Baswedan

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i3.8288

Abstract

Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran melalui Individual Development Plans (IDPs). Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah dengan ceramah, pendampingan, dan pelatihan. Hasil PkM ini adalah guru-guru memiliki peningkatan IDPs dalam proses pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, manajemen kelas, dan evaluasi pembelajaran.

References

Ananda, R. (2017). Perencanaan pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/344567090
Chlebikova, D., Misankova, M., & Kramarova, K. (2015). Planning of Personal Development and Succession. Procedia Economics and Finance, 26(2), 249–253. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00828-x
Dyah Pramanik, P., Maudiarti, S., Enggriani, M., Tinggi, S., Trisakti, P., Ikpn, J., Bintaro, T. K., & Selatan, J. (2022). Penguatan keterampilan interpersonal bagi guru-guru smp terbuka mandiri teuku umar baitul maal tangerang selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(3), 364–375. https://doi.org/10.21009/sarwahita.193.1
Edelenbos, J., & van Buuren, A. (2005). The learning evaluations: A theoretical and empirical exploration. Evaluation Review, 29(6), 591–612. https://doi.org/10.1177/0193841X05276126
Elistanto, R., Santosa, A. B., & Mahmudah, F. N. (2020). Evaluasi efektivitas manajemen pembelajaran guru produktif otomotif smk. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 101–117. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1183
Friedman, B. D., & Neuman, K. M. (2001). Learning Plans: A Tool for Forging Allegiances in Social Work Education. Journal of Teaching in Social Work, 21(3–4), 123–138. https://doi.org/10.1300/J067v21n03_10
Kurniawan, A., & Mahmudah, F. N. (2020). Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah kejuruan. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 66–78. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1156
Mahmudah, F. N. (2021). Self-innovation guru dalam meningkatkan prestasi siswa pada masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 119. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4075
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Oci, M. (2018). Manajemen kelas. Jurnal Teruna Bhakti, 1(1), 49–59. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna
Prasetyo, Y. (2021). Perencanaan karir dan evaluasi diri siswa di kota dili negara timor leste. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(1), 51–55. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/integritas.v5i1.959
Priambudi, P., Mahmudah, F. N., & Susatya, E. (2020). Management of industrial class in vocational education. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 3(2), 87–97. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jptk.v3i2.6823
Qassimi, N. M. (2022). Classroom management project. https://www.researchgate.net/publication/351819204
Serrat, O. (2009). Learning from evaluation [Asian Development Bank]. www.adb.org
Syakdiyah, A., Nurmahmudah, F., & Wijayanti, W. (2019). Active learner strategies in era of disruption: a literature aeview. 1st International Conference on Progressive Civil Society (IConProCS 2019), 165–169. https://doi.org/10.2991/iconprocs-19.2019.34
Vanderford, N. L., Evans, T. M., Weiss, L. T., Bira, L., & Beltran-Gastelum, J. (2018). Use and effectiveness of the Individual Development Plan among postdoctoral researchers: findings from a cross-sectional study. F1000Research, 7, 1132. https://doi.org/10.12688/f1000research.15610.1

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Nurmahmudah, F., & Baswedan, A. R. (2024). PENINGKATAN INDIVIDUAL DEVELOPMENT PLANS MELALUI PEMBELAJARAN BAGI GURU PONDOK PESANTREN MODERN. DedikasiMU : Journal of Community Service, 6(3), 352–357. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i3.8288