PENGUATAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK IMIGRAN INDONESIA DI KAMPUNG BARU, KUALA LUMPUR: INISIATIF BERBASIS KOMUNITAS

  • Nuniek Nizmah Fajriyah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Irnawati Irnawati Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Leni Susanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Titis Aji Wicaksono Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Hanny Lenggang Dwi Buana Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Haifan Tri Buwono Joyo Pangestu Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Safira Khoirina Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Lukman Abdul Aziz Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Abstract

Anak-anak imigran Indonesia di Kampung Baru, Kuala Lumpur, seringkali kurang mendapatkan akses terhadap pendidikan kesehatan dan layanan pendidikan yang memadai.  Pengabdian masyarakat ini berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan metode memberikan pendidikan kesehatan dasar, seperti cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar, serta bimbingan belajar membaca dan berhitung pada anak-anak di sanggar bimbingan Muhammadiyah Kampung Baru Kuala Lumpur. Hasil pengabdian masyarakat ini, anak-anak di sanggar bimbingan menunjukkan peningkatan dalam mempraktikkan kebiasaan hidup sehat dan kemampuan dasar literasi numerasi. Kesimpulan program pengabdian masyarakat di sanggar bimbingan Muhammadiyah Kampung Baru Kuala Lumpur ini telah membantu anak imigran dalam peningkatan kebiasaan hidup sehat dan kemampuan dasar literasi numerasi. Program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak imigran dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 20, 2024
How to Cite
FAJRIYAH, Nuniek Nizmah et al. PENGUATAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK IMIGRAN INDONESIA DI KAMPUNG BARU, KUALA LUMPUR: INISIATIF BERBASIS KOMUNITAS. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 346-351, aug. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/8281>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i3.8281.