EDUKASI KONSUMSI PROBIOTIK DAN PREBOTIK UNTUK KESEHATAN SALURAN CERNA BALITA DI RT 23 DUSUN 6 DESA SUNGAI PINANG KECAMATAN RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN

  • Novianty Novianty IKEST MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Abstract

Bayi dan balita memerlukan asupan zat gizi yang cukup. Selain asupan zat gizi makro dan mikro, kebutuhan zat gizi lainnya dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bahan pangan atau makanan dan minuman olahan yang mengandung probiotik dan prebiotik. Pemberian probiotik dan prebiotik yang tepat sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna bayi dan balita. Sebagian ibu bayi dan balita di lingkungan pedesaan masih kurang informasi terkait konsumsi probiotik dan prebiotik. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan pentingnya konsumsi probiotik dan prebiotik serta mengenalkan cara pembuatan makanan olahan yang mengandung probiotik dan prebiotik. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi interaktif. Pengabdian masyarakat dilakukan pada 30 Januari 2024, berlokasi di RT 23 Dusun 6 Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri 20 ibu-ibu yang berada di RT 23 Dusun 6 Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin. Semua peserta antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat. Selama kegiatan berlangsung diskusi interaktif sehingga ibu-ibu RT 23 Dusun 6 Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin mengetahui probiotik dan prebiotik untuk Kesehatan saluran cerna balita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 20, 2024
How to Cite
NOVIANTY, Novianty. EDUKASI KONSUMSI PROBIOTIK DAN PREBOTIK UNTUK KESEHATAN SALURAN CERNA BALITA DI RT 23 DUSUN 6 DESA SUNGAI PINANG KECAMATAN RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 399-403, aug. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/8276>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i3.8276.