PELATIHAN PERSIAPAN KULIAH KE LUAR NEGERI DI SMA UNGGUL ACEH TIMUR TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i3.8274Keywords:
Beasiswa; Kuliah; Luar Negeri; Pelatihan; Sekolah Menengah Atas; SiswaAbstract
Permasalahan untuk dapat memperoleh pendidikan lanjutan yang terbaik sudah menjadi lumrah merupakan impian yang dimiliki oleh mitra yang berasal dari Sekolah unggul di Kabupaten Aceh Timur yakni SMA Unggul Aceh Timur dimana hasil observasi diperoleh bahwa lulusan dan wali murid berkeinginan agar anak didik di SMA Unggul Aceh Timur setelah menjadi alumni dapat mencicipi pendidikan di luar negeri dengan masuk ke universitas skala internasional. kurangnya sosialisasi terhadap siswa sekolah menengah atas tahun akhir berkaitan dengan informasi yag dibutuhkan untuk mempersiapkan diri agar dapat memperoleh beasiswa ke luar negeri baik dalam hal persyaratan administrasi maupun trik belajar bahasa inggris yang merupakan persyaratan dalam hal bahasa dimana bahasa inggris adalah bahasa internasional. Sehingga tim pengabdian perlu memberikan solusi dari permasalahan mitra dengan melaksanakan pelatihan persiapan kuliah ke luar negeri. Para siswa pada akhirnya memperoleh informasi beasiswa ke luar negeri dan trik-trik untuk memenuhi administrasi persyaratan kuliah ke luar negeri.
References
Bania, A. S., Nuraini, Chairuddin, Akob, B., & Faridy, N. (2023). Pelatihan Toefl Tpt Berbasis Poster Stiker Untuk Meningkatkan Pemahaman Tes Berbahasa Inggris Bagi Alumni Tahun 2023. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(8), 2886-2893. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2886-2893
Bania, A. S. (2024). Evaluating TOEFL prediction test proficiency among lecturers and students at the university of Samudra. English Review: Journal of English Education, 12(1), 157- 166. https://doi.org/10.25134/erjee.v12i1.8594
Basri, H., Suryanti, S., Arfa, O. M. M., Arifani, Y., & Soelistya, D. (2024). Penguatan Manajemen Kurikulum Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gresik. DedikasiMU (Journal of Community Service), 6(2), 275-285. http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i2.7818
Darmawan, G. S., Afti, G. A., & Augea, S. M. (2023). Pengaruh Efektivitas Sekolah Menengah Atas Terhadap Peluang Masuk Universitas Negeri Jakarta: Studi Kasus Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 207-217. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i1.580
Faridy, N., Bania, A. S., Akob, B., & Nuraini. (2024). Pelatihan Persiapan Kuliah Ke Luar Negeri Bagi Alumni Dan Masyarakat. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 19-26. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.19-26
Faridy, N., Bania, A. S., Nuraini, & Akob, B. (2024). Foreign Language Training In Preparation For Foreign Scholarship Pelatihan Bahasa Asing Dalam Persiapan Beasiswa Luar Negeri. Journal of Community Services on Language, Art and Culture, 2(1), 12-21. Retrieved from https://journal.ahsanmafazaindonesia.org/index.php/JLACT/article/view/4
Faridy, N., Nuraini, Bania, A. S., & Chairuddin. (2022). Pelatihan Pembuatan Teh Celup Bunga Telang Sebagai Suplemen Daya Tahan Tubuh. DedikasiMU (Journal of Community Service), 4(3), 297-304. http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4200
Kurniahu, H., Musrifah, S., & Andriani, R. (2023). Pelatihan Diverifikasi Produk Olahan Pisang Sebagai Oleh-oleh Khas Destinasi Ekowisata Sendang Asmoro. DedikasiMU (Journal of Community Service), 5(4), 394-400. http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i4.6767.
Muhaini. (2019). Model Integrasi Keilmuan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Unggul Kabupaten Aceh Timur. Analytica Islamica, 21(1), 59-76. http://dx.doi.org/10.30829/jai.v8i1.7071
Purwanti, S., Yamin, A.A., AW, A.M.F., Hakim, M.A., Amal, I., Herni, H & Syamsu, J.A. (2024). Pemberdayaan Peternak Melalui Bimbingan Teknis Formulasi Ransum Ayam Buras. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat, 5(1), 115-122. https://doi.org/10.30812/adma.v5i1.4029
Robbani, F. A., Pirdayanti, V. N., Zaki, R. M., Nugraha, D. M., & Fu’adin, A. (2023). Fenomena Mahasiswa Penerima Beasiswa LPDP yang Tidak Mau Kembali ke Indonesia. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter. 6(4), 236-240. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.15313
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 25-36. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36
Sadrina, & Nasir, M. I. M. (2017). Motivasi Mahasiswa Indonesia Belajar di Luar Negara (Malaysia). Semdi Unaya, 1(1), 128-135. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/download/196/196
Safaruddin, Mardiyah, A., Dewi, R. S., & Almanawara, A. (2020). Pengaruh Penataan Posisi Tempat Duduk Terhadap Ketahanan Duduk Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 125-130. https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.17345
Wiliandari, Y. (2014). Rancangan Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Yang Efektif. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 12, 93-110. Retrieved from https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society/article/download/1460/740
Wiyanti, F. D., & Irbayuni, S. (2023). Meningkatkan Peran Sekolah dalam Mendukung Kompetisi Global Siswa melalui Studi di Luar Negeri dengan Beasiswa: Pendekatan Sosialisasi. Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat (ALKHIDMAH), 1(3), 110-117. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3