MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA E-MODUL PADA PESERTA DIDIK SMKN 2 BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i3.5715Keywords:
Pembelajaran; Problem Based Learning; Berpikir KritisAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampua berpikir kritis peserta didik dengan memakai model Problem Based Learning (PBL) bermedia Electronic Modul (E-modul) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Sekolah, Warga Masyarakat dan Warga Negara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-TKRO-1 SMKN 2 Bojonegoro yang berjumlah 36 anak laki-laki. Data di dapatkan dari tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL bermedia e-modul dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan dari adanya peningkatan pada setiap indikator. Jumlah peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis meningkat dari siklus I ke siklus II pada kategori sangat baik 11,1 %, kategori baik 22,2 %. Kategori cukup 27,8 %, dan kategori kurang 5,5 %.
References
Ambar Ningsih, W. S., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.16
Amin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 25–36.
Anisah, Aziz, S. S., & Bowo, F. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Investigasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Manajerial, 15(1), 1–4.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.
Maliki, I. M. Al, Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Suhu Dan Kalor Melalui Pembelajaran Cognitive Apprenticeship. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 304–308. Diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8554/4144
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rokhmania, & Kustijono. (2017). Efektivitas penggunaan E-Modul berbasis flipped classroom untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika UNESA, (November), 91–96.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444. Diambil dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wardani, A., Mytra, P., & Fitriani, F. (2021). Profil Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Awal. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i1.641
Yokhebed, Y. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi. Bio-Pedagogi, 8(2), 94. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.36154
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Yunarta, A., & Arini, R. R. (2017). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bravo’s Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP PGRI Jombang, 5(4), 195–200.