MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA E-MODUL PADA PESERTA DIDIK SMKN 2 BOJONEGORO

  • Muhammad Faisal Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Totok Sujatmiko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampua berpikir kritis peserta didik dengan memakai model Problem Based Learning (PBL) bermedia Electronic Modul (E-modul) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Sekolah, Warga Masyarakat dan Warga Negara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-TKRO-1 SMKN 2 Bojonegoro yang berjumlah 36 anak laki-laki. Data di dapatkan dari tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL bermedia e-modul dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan dari adanya peningkatan pada setiap indikator. Jumlah peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir kritis meningkat dari siklus I ke siklus II pada kategori sangat baik 11,1 %, kategori baik 22,2 %. Kategori cukup 27,8 %, dan kategori kurang 5,5 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2023
How to Cite
KURNIAWAN, Muhammad Faisal; LISTYANINGSIH, Listyaningsih; SUJATMIKO, Totok. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA E-MODUL PADA PESERTA DIDIK SMKN 2 BOJONEGORO. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 275-284, sep. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5715>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i3.5715.