PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST
Abstract
Pembelajaran online yang dilakukan selama pandemi di SMK Muhammadiyah Gamping masih terbatas pada pemberian materi pembelaran dan modul dengan format dokumen pdf yang menuntu siswa untuk membaca secara mandiri dan mengerjakan tugas lalu dikirimkan melalui whatsapp grup. Bentuk materi pembelajaran yang monoton dan menuntut kemandirian siswa ini menimbulkan masalah turunnya motivasi belajar. Untuk itu kami menginisiasi pembuatan media pembelajaran dalam bentuk podcast berbasis audio yang menyampaikan materi dengan ikatan emosional. Metode pelaksanaan Observasi, Pre test & Post test, Workshop dan Instalasi studio podcast. Temuan terdapat sedikit peningkatan kesadaran guru terhadap media, manfaat konten audio sebagai media pembelajaran dan kemampuan memanfaatkan gadget untuk membuat media pembelajaran, karena guru-guru muda di SMK Muhammadiyah Gamping sudah biasa membuat materi pembelajaran multimedia. Peningkatan yang signifikan adalah pada kemampuan membuat naskah podcast.– Naskah podcast dapat digunakan untuk mendesain konten podcast sehingga penyampaian materi lebih runtut