PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BAGI GURU TK ABA PRA AMBARKETAWANG
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4573Keywords:
Pembelajaran, Video Pembelajaran, Guru TK ABAAbstract
Selama pandemic covid 19 berlangsung dari bulan Maret 2019 sistem Pendidikan mengalami perubahan secara drastis karena sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka secara langsung berubah menjadi dalam jaringan (daring) dari level Pra sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan Pendidikan tinggi. Dengan adanya perubahan sistem pembelajaran banyak sekali aspek yang harus menyesuaikan. Misalnya, Kesiapan sekolah, kompetensi guru, kesiapan orang tua, dan banyak aspek. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu Guru TK ABA Patukan mengatakan bahwa salah satu hal teberat yaitu menyiapkan media pembelajaran dalam pembelajaran daring, sehingga proses pembelajaran daring di TK ABA belum maksimal. Guru hanya mengirim lembar kerja melalui WAG dan Orang tua mengirim laporan juga melalui WAG. Sehingga proses pembelajaran dirasa kurang efektif dan membebani orang tua. Oleh karena itu sangat perlu dilakukan pelatihan mengenai media pembelajaran bagi guru- guru di TK ABA Patukan. Pelatihan ini mengajarkan guru- guru untuk membuat video pembelajaran sederhana dengan menggunakan Aplikasi VN. Pelatihan dilakasanakan dua kali dan peserta pelatihan merasa bahwa media yang diajarkan sangat berguna.
References
Fanny Printi Ardi, R., Purmadi, A., Wibawa, R., Bachtiar Maulachela, A., Juliansyah, A., & Tejo Kumoro, D. (2021). Pemanfaatan aplikasi VN Untuk Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Telepon Pintar Pada Guru PAUD/TK Gusus 3 Kota Mataram. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–28. https://doi.org/10.35746/BAKWAN.V1I1.150
Moh. Fauzan, H. M. M. N. A. R. I. S. H. M. W. D. M. L. A. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Guru-Guru TK/MI/SD Se-Malang. Tifani : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(1), 7–12. http://www.tifani.org/index.php/tifani/article/view/2
Pratiwi, I., & Amelia, C. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran pada TK/RA Darussalam dan TK/RA Al-Fattah. IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 188–193. https://doi.org/10.30596/IHSAN.V3I2.7715
Prima, E., Poerwati, C. E., Lestari, P. I., Cahaya, I. M. E., Suryaningsih, N. M. A., & Rimpiati, N. L. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA GURU TK NEGERI KINTAMANI, BALI. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 853–858. https://doi.org/10.37695/PKMCSR.V4I0.1325
Sari, S. P. I., Ernawati, Sukaris, & Rahim, A. R. (2021, September). HUBUNGAN ANTARA EDUKASI TENTANG BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN EDUKASI TENTANG COVID-19 YANG DILAKUKAN SECARA ONLINE DI MASA PANDEMI DI DESA METATU. DedikasiMU (Journal of Community Service). http://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3019/1843
Sukmono, N. D., Pitriani, P., & Agustinawati, D. (2021). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI HURUF DAN ANGKA MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT DAN KINEMASTER SEBAGAI SOLUSI PJJ PADA GURU TK DI KABUPATEN NGAWI. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 185 – 195–185 – 195. https://doi.org/10.31540/JPM.V3I2.1185
Suparya, I. K. (2020). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI BAGI GURU-GURU TK. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 111–119. https://doi.org/10.38048/JAILCB.V1I2.112
Susanti, L., & Pitra, D. A. H. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health and Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/HEME.V1I2.242
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/IJCSL.V4I3.28847
Trisisca, I., & Sulistyo, T. (2017). PELATIHAN “PEMBELAJARAN BERBASIS ICT” BAGI GURU-GURU TAMAN KANAK – KANAK DAN RAUDHATUL ATHFAL KECAMATAN BANTUR. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 111–115. https://doi.org/10.21067/JPM.V2I2.2054
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489