PENYULUHAN ERGONOMI PADA PEMBELAJARAN DARING DI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

  • Zufra Inayah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nugrahadi Dwi Pasca Budiono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wahidah Romadloni Mayandari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Kholisatun Nisa Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Keadaan new normal menuntut pembelajaran dalam jaringan (daring) sebagai solusi dalam pencapaian  pembelajaran yang optimal. Keberhasilan dalam pembelajaran daring harus diimbangi dengan pengetahuan ergonomi sehingga tidak menimbulkan keluhan nyeri pada otot rangka, kelelahan mata dan kerusakan mata, kecemasan dan stress serta resiko obesitas. Sehingga kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan ergonomi pada pembelajaran daring. Metode menggunakan pendekatan waktu cross sectional dengan populasi sejumlah 189 mahasiswa. Analisis uji yang dipakai T-Test Paired. Pengetahuan ergonomi pada mahasiswa setelah dilakukan penyuluhan mengalami peningkatan yang signifikan p=0,000 dan pada materi isu ergonomi hampir semua 98,36% menjawab dengan benar dan tips posisi ergonomis dalam daring hampir semua 90,16 % menjawab benar. Diharapakan pembelajaran melalui daring dapat terlaksana dengan baik, sehingga keluhan nyeri otot rangka, kelelahan mata dan stress dapat dicegah dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2022
How to Cite
INAYAH, Zufra et al. PENYULUHAN ERGONOMI PADA PEMBELAJARAN DARING DI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 336-340, sep. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4295>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4295.
Section
Articles