PENDIDIKAN KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS BAGI IBU HAMIL PADA MASA NEW NORMAL COVID-19 DI DESA OEPRIGI POPNAM NTT

  • Roslin E. M. Sormin STIKES Maranatha Kupang
  • Matilda Bupu Ria STIKES Maranatha Kupang
  • Maria M. Theofila Duka STIKES Maranatha Kupang
  • Merry L. F. Tumeluk STIKES Maranatha Kupang
  • Damita Palalangan STIKES Maranatha Kupang

Abstract

Adanya Pandemi covid-19 ini menyebabkan ibu hamil menjadi tidak begitu mawas dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatannya secara umum. Pada umumnya, sebagian besar ibu hamil di Desa Oeprigi Popnam NTT tidak melakukan pemeriksaan kehamilan apabila tidak ada keluhan yang berat selama masa kehamilan. Hal ini mereka lakukan karena takut akan tertular covid-19. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang nutrisi selama kehamilan dan mendeteksi dini gangguan/masalah kehamilan melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Oeprigi Popnam NTT.


Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 25 Oktober 2021 yang diikuti oleh 32 ibu hamil di Balai Desa Oeprigi Popnam. Ibu hamil diberikan pre test sebelum penyuluhan berlangsung dan diberikan post test setelah diberikan penyuluhan. Ibu hamil juga kemudian diberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk mengetahui status kesehatan ibu hamil sekaligus mendeteksi dini keluhan dan gangguan pada masa kehamilannya.


Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan tentang gizi ibu hamil memiliki dampak positif terhadap pemahaman ibu, yaitu lebih sebanyak 81,3% ibu hamil memiliki pengetahuan yang baik setelah penyuluhan disbanding sebelum penyuluhan yang hanya 9,4%. Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan terdeteksi bahwa dari 32 ibu hamil, sebanyak 3 orang ibu hamil terdiagnosa mengalami masalah kehamilan.


Jadi, kegiatan pendidikan kesehatan efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai pentingnya asupan gizi selama masa pandemi covid-19 dan pemeriksaan kehamilan gratis juga menjadi penting dilakukan untuk dapat melakukan deteksi dini gangguan atau masalah kehamilan selama masa pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2022
How to Cite
SORMIN, Roslin E. M. et al. PENDIDIKAN KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS BAGI IBU HAMIL PADA MASA NEW NORMAL COVID-19 DI DESA OEPRIGI POPNAM NTT. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 265-271, sep. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4123>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4123.
Section
Articles