PENDAMPINGAN SPS POS PAUD PUSPA GIRI I DI DESA DAHANREJO KECAMATAN KEBOMAS KEBUPATEN GRESIK

  • Masarrotur Rifadah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Gusnandha Salsabil Fahmi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Henny Dwi Bhakti Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SPS POS PAUD Puspa Giri I Dahanrejo. Permasalahan dalam penelitihan ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam penerapan metode pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang kurang inovatif. Tujuan dan target utama dalam penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada guru PAUD tentang pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini dan meningkatkan inovasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Target kegiatan ini adalah guru SPS POS PAUD Puspa Giri I Dahanrejo mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk anak  usia  dini,  serta  membuat  kegiatan  pembelajaran  yang  bervariatif  dengan  berbagai inovasi. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode survey lapangan, diskusi kelompok, tanya jawab, pendampingan. Kegiatan ini terbagi menjadi tiga, yaitu 1) Diskusi dengan para guru membahas lebih dalam pembelajaran yang   tepat sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD; 2) Memberikan contoh praktik pembelajaran secara langsung di dalam kelas dengan peserta didik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini; 3) Sharing tanya jawab dengan para guru tentang pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran sehingga perkembangan anak lebih optimal. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa peningkatan kualitas pendidik dan proses pembelajaran yang lebih inovatif untuk anak didik di lembaga tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 2, 2022
How to Cite
RIFADAH, Masarrotur; FAHMI, Gusnandha Salsabil; DWI BHAKTI, Henny. PENDAMPINGAN SPS POS PAUD PUSPA GIRI I DI DESA DAHANREJO KECAMATAN KEBOMAS KEBUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 71-79, mar. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3793>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i1.3793.
Section
Articles