TRANFORMASI DIGITAL DAN PENINGKATAN KAPASITAS UKM DI MAJELIS EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAN MUHAMMADIYAH
Abstract
Teknologi yang semakin maju memunculkan banyak media baru yang memungkinkan perkembangan komunikasi pemasaran seperti interactive television, Internet, E-commerce, interactive telephone, dan faxing. Hal ini menyebabkan perubahan segmentasi pasar, serta cara berkomunikasi dengan mereka. Kemudian faktor penggerak budaya lebih membuat komuniksi pemasaran tersegmen tetapi jangkauannya sangat luas. Budaya tertentu akan menerima komunikasi yang sesuai dengan budaya mereka. Setiap tools dalam promotion mix memiliki karakteristik yang berbeda dan tidak dapat dipungkiri, bahwa masih banyak perusahaan yang mengandalkan satu atau dua alat promosi untuk mencapai tujuan komunikasinya.Marketing communication tools seperti sales promotion, public relations, personal selling maupun direct marketing hanya dijadikan sebagai bentuk komunikasi pemasaran tambahan dan akan menjadi solusi bagi UMKM yang berada di Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PDM Gresik dalam pengembangan kapasitas dan brand awarness bagi konsumen khususnya untuk pengembangan pasar dan omset serta mengenalkan produk lokal di berbagai wilayah/daerah. Hambatan dalam mengadopsi transformasi digital adalah kekurangan anggaran UMKM, ketidakmungkinan investasi karena investasi dan biaya operasional yang tinggi, ketidakmampuan untuk memahami teknologi internet, sektor yang tidak nyaman, keamanan data, masalah privasi, perkembangan teknologi, informasi yang tidak memadai mengenai standar digital, ketidaktahuan manfaat digitalisasi, memiliki masalah koneksi, kurangnya pekerjaan yang berkualitas.