Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Upaya Pengurangan Ketergantungan Pupuk Kimia Kepada Kelompok Tani Di Keluarah Majener

  • Febrianti Rosalina Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ihsan Febriadi Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

Masyarakat di kelurahan majener, khususnya petani dalam mengolah lahan pertaniannya masih sangat tergantung menggunakan pupuk kimia. Hal ini didasari karena minimnya pengetahuan masyarakat petani terkait dampak dari penggunaan pupuk kimia dan manfaat dari penggunaan pupuk organik bagi tanah dan tanaman. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar masyarakat khususnya petani di kelurahan Majener dapat mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk kimianya dan beralih memanfaatkan limbah organiknya untuk memperbaiki kondisi kesuburan tanah pertaniannya. Program pengabdian ini diawali dengan memberikan berbagai macam informasi mengenai dampak dari penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus dan dilanjutkan dengan pemaparan terkait jenis-jenis limbah organic yang dapat diolah menjadi pupuk organic, serta manfaat dari pupuk organic tersebut. Berdasarkan hasil kegiatan diperoleh bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang diberikan, hal ini dibuktikan dari semangat para peserta yang sangat memperhatikan materi dan rajin memberi pertanyaan di sesi tanya-jawab. Selain itu, rasa ingin tahu dari masyarakat petani cukup tinggi karena berdasarkan hasil pre-test dan post-test setelah kegiatan pengetahuan masyarakat petani mengalami peningkatan menjadi 75%. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat petani dapat mengembangkan minat kelompok tani yang ada dengan meminimalkan biaya pembelian pupuk kimia dan agar kedepannya pertanian di kelurahan Majener menjadi pertanian yang ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 1, 2021
How to Cite
ROSALINA, Febrianti; SUKMAWATI, Sukmawati; FEBRIADI, Ihsan. Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Upaya Pengurangan Ketergantungan Pupuk Kimia Kepada Kelompok Tani Di Keluarah Majener. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 1190-1198, dec. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3258>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3258.
Section
Articles