PENDIDIKAN ISLAM DALAM PARADIGMA KONSEPTUAL ILMU (Kajian Ontologis Perspektif Historisitas dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan)

  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu persoalan bahwa persepsi umum menyatakan yang dinamakan ilmu adalah hanya yang diketahui secara subjektif saja, padahal sebenarnya ilmu memiliki tiga asas utama yaitu logis, sistematis, dan empiris. Begitu pula dengan pendidikan Islam yang telah menjadi suatu disiplin ilmu tersendiri masih banyak dipahami hanya pada persoalan agama. Jika dilihat lebih dalam lahirnya suatu ilmu secara historis tidak membicarakan perbedaan antara aspek umum maupun aspek agama. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar dapat dicapai pemahaman yang utuh akan konsepsi ilmu yang sebenarnya dan menjadikan pendidikan Islam sebagai suatu disiplin ilmu yang universial bukan parsial. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa pengetahuan sebagai landasan ontologis bagi suatu ilmu dengan berbagai metode, terstruktur, dan empiris yang memunculkan suatu hasil. Sedangkan jika dikaitkan dengan pendidikan Islam sebagai suatu ilmu maka tidak diketemukan lagi dikotomi keilmuan di dalamnya baik aspek umum maupun agama. Pendidikan Islam berisikan muatan kurikulum atau materi yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan dunia dan akhirat berbasis ketauhidan dengan memahami segala perbuatan manusia sejatinya dikembalikan kepada bentuk penghambaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 28, 2019
How to Cite
SYA’BANI, Mohammad Ahyan Yusuf. PENDIDIKAN ISLAM DALAM PARADIGMA KONSEPTUAL ILMU (Kajian Ontologis Perspektif Historisitas dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan). Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 1-14, mar. 2019. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/811>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.811.