PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NILAI
Abstract
Salah satu komponen yang sering dijadikan faktor penyebab menurunnya mutu
pendidikan adalah kurikulum. Kritikan cukup tajam terhadap kurikulum antara lain; kurikulum
terlalu padat, tidak sesuai dengan kebutuhan anak, terlalu memberatkan anak, merepotkan guru dan sebaginya. Oleh karena itu akan banyak dilakukan inovasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), salah satunya melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi Pengembangan kurikulum (curriculum development) merupakan komponen yang sangat esensial dalam keseluruhan kegiatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menemukan format kurikulum bagi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang lebih bisa memberikan nilai bagi peserta didik dalam suatu pendidikan sehingga pembelajaran tidak hanya berkesan sebagai transfer of knowledge saja. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa bentuk pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang relevan bagi pembelajaran agama
adalah kurikulum yang dalam tiap mata pelajarannya dimasukkan beberapa nilai moral yang
hendak dicapai.