PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI DI ERA COVID-19

  • Rizqiyah Novita Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noor Amirudin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini adalah berawal dari problematika saat ini dengan adanya wabah virus COVID-19 yang membuat hampir seluruh aspek mengalami lockdown termasuk pendidikan yang mengharuskan belajar melalui rumah atau belajar dengan menggunakan sistem daring ( dalam jaringan), dari adanya pembelajaran dalam jaringan tersebut peneliti ingin melihat dan melakukan sebuah penelitian tentang peran orang tua dalam pendampingan anak pada proses pembelajaran PAI di era Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan anak pada proses pembelajaran PAI di era Covid-19 pada mata pelajaran fiqih di MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi lapangan. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi lapangan, wawancara serta dokumentasi dari sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada peran orang tua dalam pendampingan anak pada proses pembelajaran PAI di era covid-19 pada siswa kelas 07 MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah Panceng Gresik. Terkait hambatan yang dialami adalah karena 1) sinyal 2) elektronik 3) kurangnya fasilitas 4) biaya untuk pembelian paket data. Pembelajaran dalam jaringan di SMP Muhammadiyah 1 Gresik sendiri terkait pembelajaran daring , SMP Muhammadiyah 1 Gresik menggunakan dua media yaitu media WhatsApp sebagai pembelajaran dan Web Spemutu sebagai web evaluasi pembelajaran. Keberhasilan dari impelmentasi pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 1 Gresik untuk tahun ini mencapai 70% karena masih banyak hambatan yang dialami oleh siswa saat melakukan pembelajaran dalam jaringan, meskipun pihak sekolah sudah memberika fasilitas kepada guru yang termasuk salah satu bentuk dukungan dari pembelajaran daring supaya optimal dalam memberikan pembelajaran dalam jaringan.


Kata Kunci :  Peran orang tua; pembelajaran PAI; Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 12, 2022
How to Cite
SARI, Rizqiyah Novita; AMIRUDIN, Noor; SYA'BANI, Mohammad Ahyan Yusuf. PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI DI ERA COVID-19. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 68-77, dec. 2022. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/4923>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v22i1.4923.