Pengaruh Antara Kepercayaan Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Remaja Kelas X Di Sekolah Menengah Akhir Muhammadiyah 5 Karanggeneng

  • M. Abdul Aziz

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh antara kepercayaan diri terhadap
penyesuaian diri pada siswa remaja kelas X di Sekolah Menengah Akhir
Muhammadiyah 5 Karanggeneng. Penyesuaian diri adalah proses yang mencakup
respon mental dan perilaku untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan internal,
ketegangan, frustasi dan konflik-konflik sehingga terwujud keseimbangan antara
tuntutan dalam diri dengan yang diharapkan lingkungan yang menjadi tempat
tinggalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
antara kepercayaan diri terhadap penyesuaian diri Siswa Remaja Kelas X di
Sekolah Menengah Akhir Muhammadiyah 5 Karanggeneng.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
analisis Regresi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kelas X
Sekolah Menengah Akhir Muhammadiyah Karanggeneng. Metode pengumpulan
data dari kedua variabel mengguanakan kuesioner yang disusun dalam bentuk
skala likert dengan pilihan jawaban sangat sesuai (SS), sesuai (S), cukup sesuai
(CS), Kurang sesuai (KS), Sangat tidak Sesuai (STS). Untuk menguji validitas
skala menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungan menggunakan
program SPSS 14.0 For Windows.
Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik Regresi dengan
taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan t hitung = 3.001 lebih besar
dari pada t tabel yaitu sebesar 1,645 yang berarti signifikan. Berdasarkan analisis
data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kepercayaan diri
terhadap penyesuaian diri siswa remaja kelas X Sekolah Menengah Akhir
Muhammadiyah 05 Karanggeneng.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 23, 2017
How to Cite
AZIZ, M. Abdul. Pengaruh Antara Kepercayaan Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Remaja Kelas X Di Sekolah Menengah Akhir Muhammadiyah 5 Karanggeneng. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), [S.l.], v. 12, n. 2, p. 92-98, nov. 2017. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/135>. Date accessed: 27 dec. 2024.
Section
Original Research