Pengaruh Penggunaan Pop Up Book Sebagai Media Belajar Anak Tunagrahita Ringan Terhadap Kemampuan Membilang Benda di Pusat Kajian dan Pendampingan ABK Universitas Muhammadiyah Gresik
Abstract
Semua elemen masyarakat Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang layak tidak terkecuali untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Salah satu klasifikasi anak berkebutuhan khusus yakni anak tunagrahita ringan atau masuk dalam kategori mampu didik. Dikatakan mampu didik karena mereka masih mampu menerima dan melakukan pembelajaran akademik seperti IPA, Bahasa dan Matematika. Materi dasar dalam pembelajaran matematika yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari adalah membilang benda. Untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan pesan terhadap anak tunagrahita ringan saat proses pembelajaran pendidik dapat menggunakan mediapembelajaran. Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah menyampaikan pesan pada peserta didik salah satunya yakni dengan menggunakan media pop up book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pop up book sebagai media belajar anak tunagrahita ringan terhadap kemampuan membilang benda di Pusat Kajian dan Pendampingan ABK Universitas Muhammadiyah Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen murni jenis “Posttest Only Control Design”.Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan di Pusat Kajian dan Pendampingan ABK yang berjumlah 10 anak dan terbagi dalam kelompok A atau kelompok eksperimen yaitu kelompok yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media pop up book dan kelompok B atau kelompok kontrol yaitu kelompok yang menggunakan metode ceramah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi dan tes. Hasil analisis data uji t dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 menunjukan nilai sig = 0,001 < α =0,05 maka