PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KARTU TEKA-TEKI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Dina Fitriana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan produk berupa media papan kartu teka-teki untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak (2) mengetahui kelayakan media papan parktu teka-teki untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak (3) mengetahui keefektifan media papan kartu teka-teki untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa pada kelompok B di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analize, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengujian produk menggunakan desain eksperimen One Group pretest-postest. Penentuan tingkat kelayakan media papan kartu teka-teki berdasarkan uji validasi para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok. Penentuan tingkat keefektifan media papan kartu teka-teki berdasarkan uji coba lapangan. Subyek uji lapangan dilakukan pada 30 anak kelompok B di TK Al-Mu’minin Surabaya. Hasil validasi produk menunjukkan bahwa media papan kartu teka-teki layak untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak. Untuk mengetahui keefektifan media tersebut dalam perkembangan kognitif, hasil uji perkembangan kognitif dianalisis dengan mengunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t, diketahui signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 0,05. maka H0 di tolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media dalam perkembangan bahasa, hasil uji perkembangan bahasa dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon diketahui signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari pada signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 0,05, maka H0 di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media papan kartu teka-teki yang telah dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa pada anak kelompok B TK Al-Mu’minin Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2018
How to Cite
FITRIANA, Dina. PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KARTU TEKA-TEKI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 47-57, mar. 2018. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/279>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v1i1.279.
Section
Articles