MONITORING SUHU MENGGUNAKAN METODE KONSENSUS TERDISTRIBUSI RATA-RATA PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK APLIKASI SISTEM RUMAH PINTAR

  • Yoedo Ageng Suryo UMG

Abstract

Proses monitoring suhu pada ruangan yang luas, dibutuhkan banyak node sebagai penginderaan data yang dapat mewakili area tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode Konsensus Terdistribusi Rata-rata untuk mendapatkan perwakilan data dari suatu jaringan sensor nirkabel suatu area. Setelah dilakukan pengukuran dan perhitungan link budget diperoleh kekuatan sinyal terima berdasarkan pengukuran pada saat jarak terjauh yaitu 200 m sebesar -98 dBm. Sedangkan berdasarkan perhitungan dengan daya pancar 10 dBm dengan jarak yang sama diperoleh kekuatan sinyal terima sebesar -67,17 dBm. Pengujian efek Doppler memperlihatkan semakin kecil SF maka semakin tidak rentan terkena efek Doppler. Hasil simulasi metode konsensus terdistribusi rata-rata memperlihatkan semakin banyak slot yang terisi oleh data hasil konsensus maka semakin cepat dan mudah tercapai konvergensi dalam hal ini hasil monitoring mempresentasikan keadaan yang sebenarnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 18, 2020
How to Cite
SURYO, Yoedo Ageng. MONITORING SUHU MENGGUNAKAN METODE KONSENSUS TERDISTRIBUSI RATA-RATA PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK APLIKASI SISTEM RUMAH PINTAR. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 16-22, nov. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/2009>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v15i2.2009.
Section
Articles