PROSES ELEKTROLISA PADA PROTOTIPE “BAHAN BAKAR AIR” KENDARAAN BERMOTOR DENGAN PENGONTROLAN KUALITAS AIR BERBASIS AVR ATMEGA 8535

  • Darma Arif Wicaksono Universitas Muhammadiyah Jember
  • Sofi Ariyani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Sutikno Sutikno Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Pemanfaatan proses elektrolisa air pada pengembangan penelitian di bidang energi hidrogen saat ini menjadi salah satu alternatif sumber bahan bakar air. Proses pemisahan moelekul air menjadi gas hidrogen dan oksigen menggunakan elektrolisa air, yaitu dengan mengalirkan litrik kepada larutan elektrolit (katalis NaCl dan air) melalui elektroda alumunium. Bahan bakar berupa gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan oleh proses ini akan digunakan untuk mengurangi konsumsi BBM. Sebanyak 4 tabung digunakan untuk perancangan elektroliser. Larutan maksimal pada masing-masing tabung adalah 500 ml air dan katalis NaCl 6 gram. Kestabilan proses elektrolisa diatur berdasarkan Itensitas air dalam tabung untuk memaksimalkan HHO yang dihasilkan.Dalam hal ini tentu dengan bantuan sensor yang selanjutnya data akan diolah oleh mikrokontroler Atmega8535, yang kemudian ditampilkan di LCD sebgai perintah untuk penggantian air. Bahan bakar air BBA dapat menghasilkan gas HHO dengan adanya arus dari spull motor yang mengalir pada dua eletroda dalam air sehingga terjadi proses elektrolisa dan mengasilkan gas hidrogen HHO yang kemudian masuk keruang bakar mesin dan mengurangi konsumsi BBM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 3, 2020
How to Cite
WICAKSONO, Darma Arif; ARIYANI, Sofi; SUTIKNO, Sutikno. PROSES ELEKTROLISA PADA PROTOTIPE “BAHAN BAKAR AIR” KENDARAAN BERMOTOR DENGAN PENGONTROLAN KUALITAS AIR BERBASIS AVR ATMEGA 8535. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 1-6, aug. 2020. ISSN 2656-5676. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/1603>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v15i1.1603.
Section
Articles