Analisis Keterampilan Membaca dengan Model Pembelajaran CIRC pada Peserta Didik Kelas 4 UPT SD Negeri 68 Gresik

  • Marlinda Rahmawati Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

Penelitian awal di lingkungan sekolah UPT SDN 68 Gresik menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa sangat rendah. Hal ini ditunjukkan melalui kurangnya pemahaman mereka terhadap teks cerita pada awal pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena pemahaman siswa terhadap membaca masih rendah. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Ini mengkaji materi pembelajaran cerita dan menggunakan model CIRC yang cocok untuk jenis konten ini. Studi ini dimulai dengan 19 peserta; 9 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Masing-masing mendapat skor antara 0 dan 98 pada pemahaman membaca mereka. Siswa dalam penelitian tersebut berhasil membaca teks cerita rakyat dengan skor rata-rata 65,8. Mereka ditemukan kurang memahami cara melafalkan dan menginterpretasikan teks cerita rakyat secara ritmis. Terlepas dari perjuangan ini, siswa bertekad untuk mencoba membaca teks cerita rakyat dengan nilai yang sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 14, 2023
How to Cite
RAHMAWATI, Marlinda; UMAM, Nanang Khoirul. Analisis Keterampilan Membaca dengan Model Pembelajaran CIRC pada Peserta Didik Kelas 4 UPT SD Negeri 68 Gresik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 29, n. 1, p. 55-61, feb. 2023. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/5097>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5097.